alur pembelian properti syariah

Alur Pembelian Properti Syariah Secara Aman dan Berkah

Bingung dengan pembelian Properti Syariah yang aman seperti apa? simak artikel berikut.

Membeli properti merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi utamanya dalam membangun rumah untuk berlindung dari cuaca panas atau dingin dan bahayanya malam hari. Dan memang benar setiap keluarga wajib memiliki rumah baik secara kepemilikan pribadi ataupun menyewa.

Ada banyak jual beli properti seperti rumah, kavling siap bangun, ataupun kavling kebun. Tetapi setelah sekitar tahun 2016 mulai trendingnya jual beli properti secara syariah yang lebih aman dan berkah karena mengikuti sunnah Rasulullah. Dimana tata cara jual belinya sesuai syariat islam yang berlaku.

alur pembelian properti syariah - 1

Mungkin sebagian berpikir bahwa membeli properti secara syariah hanya dengan skema cash atau langsung lunas saja tanpa bisa KPR. Tapi ternyata untuk skema angsuran juga ada untuk properti syariah.

Dan alhamdulillah Anda sekarang bisa memiliki properti dengan proses yang cepat & mudah di KPR Syariah tanpa harus disusahkan dengan persyaratan yang bisa bikin kepala pusing dan penat.

Berikut alur benar dalam pembelian properti syariah

Prosesnya mudah dan berkah, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai tata cara pembayaran ataupun akad muamalah dalam pembelian properti syariah ini.

1. SURVEI LOKASI

Pertama-tama Anda sebaiknya melakukan survey ke lokasi hunian yang Anda inginkan, Anda bisa menghubungi sales executive perwakilan developer agar dijelaskan secara jelas & detail keunggulan rumah.

Keuntungan survei lokasi ini selain mengetahui secara jelas bagaimana kondisi lingkungan sekitar lokasi Anda pun juga dapat langsung melakukan negosiasi harga di lokasi. Dan ini akan lebih mudah penjelasan negosiasinya dari pada harus menawar harga via pesan atau telpon.

2. BOOKING FEE

Kemudian jika Anda tertarik dengan hunian karena telah mengetahui keunggulan & kekurangannya, melalui penjelasan detail tim inhouse di lokasi, maka selanjutnya Anda dapat melakukan BOOKING FEE. Biasanya booking fee ini bisa kembali 100% jika Anda tidak melanjutkan pembelian, bisa juga tidak kembali tergantung persyaratan yang diminta developer.

Karena setiap developer memiliki kebijakannya masing-masing, Anda bisa tanyakan kepada tim marketing apakah uang booking fee ini termasuk kepada harga atau hanya sekedar tanda jadi membeli saha, dan untuk pertanyaan lebih detailnya Silahkan tanyakan kepada marketing yang melayani Anda.

3. KUMPULKAN & KIRIM DATA

Jika sudah BOOKING Fee maka Anda harus melengkapi persyaratan yang telah ditentukan. Pastinya sangat mudah, karena kebanyakan KPR Syariah dapat dilakukan tanpa BI Checking, alias cicilan langsung ke developer.

Untuk data yang harus dikumpulkan ini biasanya berupa Foto KTP, Foto Kartu Keluarga, dan NPWP. Ini untuk berkas awal yang harus dikumpulkan dan input data pembeli.

4. INTERVIEW & VERIFIKASI

Seminggu kemudian Anda akan bertemu dengan Pihak Developer langsung untuk proses interview & verifikasi. Pengecekan atau verifikasi data yang Anda berikan kepada tim marketing dan interview lainnya sebagai pembeli.

5. AKAD & JUAL BELI

Setelah terjadi kesepakatan antara Anda dan Pihak Developer maka akan langsung dilakukan proses Akad Jual Beli. Dalam hal ini Anda dapat membayarkan DP sehingga akan dengan mudah mendapat PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli) atau surat tanda pembelian.

6. Pembayaran DP dan Cicilan

Setelah Akad Jual Beli selesai, Anda dapat langsung membayarkan pelunasan, DP & Cicilan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Selanjutnya Anda tinggal menunggu serah terima bangunan, jika bangunan tersebut bersifat inden.

7. Serah Terima Bangunan

Serah terima unit dilakukan sesuai dengan perjanjian ketika akad jual beli. Bisa bersamaan dengan akad jika unit ready stock. Dan untuk serah terima ini biasanya disesuaikan dengan proses pembayaran dan proses pembangunan proyek. Dan setiap developer memiliki kebijakan yang berbeda.

8. Miliki Rumah Idaman Anda & Lanjutkan Cicilan Tanpa Bunganya.

Nah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memilih dan memiliki properti idaman Anda. Temukan dalam Saudagar Apps aplikasi hunian dan investasi properti syariah pertama di Indonesia yang telah menghadirkan banyak piihan properti diberbagai wilayah. Anda jua bisa .mendapatkan potongan diskon dan promo menarik lainnya. Cukup dengan download aplikasi Saudagar Apps  di playstore.

alur pembelian properti syariah - 1

Mari hijrah, tinggalkan transaksi riba dalam skema kepemilikan rumah dan transaksi muamalah lainnya. Semoga bermanfaat.

Indahnya Berbagi Manfaat:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top