tambahan harga pada transaksi kredit riba

Bukankah Tambahan Harga Pada Transaksi Kredit Melebihi Harga Kontan Termasuk Riba?

Oleh: Abu Assakha Ananta

Pada kesempatan ini kami akan membahas pertanyaan dari seorang jamaah dimana ketika mengikuti seminar Anti Riba mendapat Info Bahwa Harga Kredit yang Menyelisihi Harga Kontan Ialah RIBA!!!

Dalam praktek jual beli, secara umum memang diperbolehkan dalam syariat islam dimana untuk transaksinya ada yg kontan dan ada yang Kredit

Adapun perbedaan harga antara yang bayar kontan dan kredit, hal ini tidaklah masuk dalam riba dan tidak pula menyelisihi aturan Syareat, sebagaimana yang dipilih oleh imam madzab yang empat.

Bahkan hal tersebut merupakan sesuatu yang diperbolehkan, sebab penangguhan pembayaran sampai tempo yang ditentukan mempunyai bagian dalam harga sebagaimana diterangkan oleh Syaikhul Islam (Majmu’ Fatawa: 29/ 99).

Sebab jika suatu barang dibayar kontan maka penjual akan mendapatkan faedah dari penjualannya dengan segera, sehingga modal kembali dan bisa mengembangkan usahanya, berbeda dengan kredit.
Demikian pula, sebagaimana seorang penjual diperbolehkan untuk menaikkan sedikit harga barangnya dari harga pasar dengan ridho pembeli, diperbolehkan pula untuk menaikkan harga barang secara kredit dari harga kontan.

Jadi, kesimpulannya: jual beli dengan cara kredit dalam tempo yang telah ditentukan dengan memberikan harga yang lebih tinggi dari harga kontan adalah boleh dan tidak ada pelanggaran syariat padanya.

Ini adalah pendapat jumhur ulama dan dipilih oleh: Syaikh Ibnu Baz, Syaikh Utsaimin, Syaikh Al-Fauzan, demikian pula Syaikh Yahya Al-hajury dan Syaikh kami Muhammad Hizam. Semoga Alloh merahmati yang telah wafat dari mereka dan menjaga yang masih hidup serta mengokohkan mereka di atas al-haq sampai ajal menjemput. [Wallohu a’lam]

Indahnya Berbagi Manfaat:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top