kriteria rumah idaman muslim

Kriteria Rumah Idaman

Memiliki rumah yang nyaman adalah dambaan setiap orang tanpa terkecuali. Rumah yang bisa menjadi tempat tinggal sebuah keluarga yang bahagia. Kebahagiaan dan kenyamanan tersebut akan membuat segala aktivitas yang dilakukan penghuninya menjadi sesuatu yang maksimal. Meski begitu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal rumah idaman.

Rumah idaman harus nyaman dan sesuai dengan kebutuhan penghuninya baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun lanjut usia dalam anggota keluarga. Tujannnya agar fungsi dari rumah bisa dimanfaatkan oleh semua penghuninya tanpa terkecuali.

Berikut beberapa kriteria rumah idaman yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin memiliki rumah, terutama bagi Anda yang berstatus muslim.

1. Lokasi yang dipilih berdekatan dengan masjid atau setidaknya developer perumahan tersebut menyediakan fasilitas ibadah.

2. Lokasi tidak berdekatan dengan sumber kemaksiatan seperti bioskop, diskusi, kawasan yang kental dengan perjudian, dan lain-lain.

3. Memilih tetangga yang tepat, agar kondisi lingkungan tetap kondusif dan baik bagi tumbuh kembang anak kita.

4. Tidak bermegah-megahan dalam membangun rumah. Sesuaikan dengan kemampuan finansial kita dan lingkungan sekitar, terutama tetangga kanan kiri rumah kita.

5. Pilih lokasi yang mendukung rumah tetap bersih, baik dari debu maupun kebisingan kendaraan.

6. Jauhkan rumah dari kesyirikan dan kemusyrikan. Pilihlah lokasi karena alasan strategis, seperti dekat dengan lokasi kerja atau fasilitas umum, bukan karena alasan tidak logis tanpa dasar.

Selain itu dan yang paling utama adalah memiliki rumah dengan jalan yang syar’i, bebas riba dan jalan haram lainnya. Karena rumah atau harta bukanlah urusan dunia semata, tetapi berdampak jangka panjang hingga kehidupan setelah kematian. Sayangilah keluarga Anda dengan memberikan harta dari usaha terbaik dan halal

Semoga Bermanfaat

Indahnya Berbagi Manfaat:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top