mekanisme properti syariah bertahan dari krisis

Mekanisme Properti Syariah Bertahan dari Krisis Keuangan

Oleh : Tommy Aji Nugroho (Sharia Green Land)

Sudah terbukti, jika developer membuka semua unit skema KPRS 10 tahun, keuntungan proyek meningkat menjadi 3,3x lipat sampai 4,5x lipat… Dalam kenyataan tidak semua unit terjual KPRS 10 tahun. Sehingga peningkatan keuntungan tidak sebesar itu. Tetapi angka itu masih lebih besar dibandingkan jika menggunakan skema konvensional.

Peningkatan profit sebesar 3,3x sampai 4,5x lipat per unit itu turut menyumbang kontribusi positif properti syariah bertahan terhadap krisis keuangan. Berbeda dg properti konvensional yg bergantung pada bank. Maka peningkatan profit tersebut adalah wilayah kewenangan bank. Jika bank penyalur kredit mengalami NPL maka akan berimbas juga pada developer. Yaitu penyaluran kredit tersendat. Apa jadinya? Bisa jadi proyek properti sekarat sampai mangkrak. Sebenarnya masih ada solusi, yaitu mereka menjual secara cash. Jadi, kunci properti konvensional sukses proyek dunia (bukan akhirat) ada pada penjualan cash atau bank siap salurkan kredit.

Properti syariah dg kewenangan pembiayaan mandiri terbiasa perih dg cash in yang sedikit (DP 30%, 20%, 10%) jika mengambil skema kprs. Sehingga otak berputar bagaimana caranya mendapatkan konsumen cash atau bertahap 3 bulan, 6 bulan 12 bulan dan seterusnya. Tetapi di balik itu, mereka yang akad dg cash in berupa DP 30%, 20% dan 10% tadi akan menyumbang peningkatan keuntungan di tahun2 berikutnya. Sehingga, bertambah tahun cash flow properti syariah akan membaik. Ini yang tidak dirasakan properti konvensional. Karena itu sudah diambil bank.

Begitulah properti syariah bertahan dari badai krisis keuangan. Tetapi ini baru hitungan di atas kertas, tidak cukup. Bagaimana jika cicilan konsumen tersendat? Itulah mengapa sejak 2016 kami berlakukan analisis kredit. Itu cara ngunci resiko pertama. Yang berikutnya ialah mengontrol cash out. Lebih fundamental lagi adalah perencanaan proyek yang baik. Alhamdulillah di perusahaan kami punya dua orang konsultan perencana internal. Sehingga setiap pricelist yang kami keluarkan sudah berdasarkan perencanaan yang matang. Harapannya dengan ini, proyek berjalan lancar, bertahan terhadap krisis keuangan, unit-unit tersalurkan kepada konsumen juga masih ada sisa keuntungan untuk owner.

Indahnya Berbagi Manfaat:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top