membeli rumah

beli Rumah Langsung vs BELI KaVling Lalu Bangun Rumah

Membeli Rumah Vs Beli Tanah Lalu Bangun Rumah.

Perbedaan akan selalu terjadi dari mulai hal kecil hingga dalam menentukan memiliki hunian, apakah langsung beli rumah atau beli tanah dan dibangun rumah.

Sebenarnya dua pilihan ini boleh saja Anda ambil yang terpenting ada dana dalam pembeliannya. Tapi kalau mengenai dana sebetulnya pilihan mana yang lebih tepat dan hemat dalam pendanaan. Seperti yang kita ketahui ketika ingin membeli properti ini harus menyiapkan dana yang cukup minimal untuk DP.

Dikutip dari yukbisnis properti pemilihan dua cabang ini dinamakan Bifurkasi yang artinya titik percabangan dua. Kalo dalam pengertian bebas, berarti Anda berada dalam satu titik dimana terdapat dua cabang dan Anda akan memilih yang mana. Dengan contoh dalam situasi Anda mau beli tanah lalu dibangun rumah atau cabang dimana Anda langsung saja beli rumah.

Sekte Beli Tanah Lalu Bangun Rumah

Dalam pembelian kapling ini biasanya kepada perorangan atau di suatu kawasan yang memang sengaja menjual kapling-kapling saja. Karena biasanya untuk komplek perumahan ini dibangun langsung oleh developer properti.

Tapi sekarang ini dengan semakin banyaknya peminat properti dalam kapling sehingga semakin banyak developer yang selain menyediakan rumah siap bangun juga menyediakan pilihan kapling.

Keunggulan Dalam Membeli Tanah Lalu Bangun Rumah

  1. Harga Lebih Murah

Dalam membeli kapling ini belum terdapat nilai tambah untuk bangunan sehingga biaya transaksi pajak lebih murah.

2. Desain Rumah Sesuai Keinginan Sendiri

Karena dalam membeli kapling dan membangun rumah ini sendiri jadi ketika membangun juga desain keinginan Anda dan keluarga. Namun ini dapat berlaku apabila tidak ada peraturan dari developer yang biasanya harus menyesuaikan desain perumahan.

3. Menunda Pembangunan

Apabila Anda memiliki rencana untuk membangun rumah untuk Anak Anda sebagai hadiah pernikahan atau lainnya, pilihan kapling ini bisa menjadi solusi. Karena ketika Anda membeli rumah bisa jadi rumah tersebut cepat rapuh dan kotor karena belum dihuni.

Ketika membeli kapling Anda dapat menunda pembangunan hingga waktu yang telah diinginkan, atau menabung dahulu dalam pembangunan rumah.

Kekurangan Membeli Kapling Lalu Bangun Rumah

  1. Sulitnya Perijinan IMB

Mungkin ini terasa bagi sebagian orang yang baru dalam membangun rumah, atau berencana akan membangun rumah. Dalam menempuh proses perijinan membuat bangunan (IMB) ini bagi orang awam mungkin terasa menyulitkan. Minimal proses ini menyita waktu Anda dan terkadang proses tersebut juga kurang cepat.

2. Harga Bahan Bangunan Mahal

Walaupun pembelian kapling lebih murah namun Anda belum dapat menentukan dengan pasti dana dalam pembangunan, karena harga bahan bangunan bisa saja mengalami kenaikan.

Selain itu Anda juga harus mengurusi instalasi listrik, air, telepon, dan internet yang kini sangat penting mengingat pekerjaan lebih banyak di rumah setelah wabah Covif-19 ini, bahkan sekolah dan kegiatan kumpul lainnya lebih banyak dilakukan online maka internet sangat dibutuhkan di rumah Anda.

3. Kualitas Bangunan Kurang Menjamin

Kualitas bangunan ini biasanya sesuai dengan pilihan tukang atau kontraktor yang Anda pilih untuk membangun rumah. Anda harus memantau jalannya pembangunan agar selesai sesuai waktu yang Anda inginkan. Dalam konsultasi kontraktor profesional ini biasanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi Anda tidak perlu khawatir karena semakin bertambahnya kebutuhan rumah banyak kontraktor yang menyediakan banyak pilihan pelayanan yang beragam dan memuaskan.

Sekte Langsung Membeli Rumah

Menurut sebagian orang langsung membeli rumah ini dianggap lebih simpel dan menguntungkan karena ketika tidak langsung dihuni dapat dijadikan sebagai pasif income yakni dengan menyewakannya.

Dalam membeli rumah Anda dpat langsung ke perumahan yang dikembangkan oleh developer properti atau membeli rumah secondary baik di perumahan atau non perumahan.

Keunggulan Dalam Membeli Rumah

  1. Siap Huni

Anda dapat membeli rumah yang sipa huni dan tidak perlu repot untuk mengurus ijin atau instalasi air, dan listrik. Karena biasanya hal tersebut sudah langsung disediakan oleh developer perumahan. Adapun untuk penambahan internet ini tergantung dengan developer tapi tidak menutup kemungkinan apabila Anda memesan ingin dipasangkan juga bisa.

2. Mendapat Harga Terjangkau

Developer perumahan juga sering memberikan diskon besar kepada calon buyer nya yang biasanya dilakukan pada masa tertentu, ketika pre launching ataupun moment tertentu.

Hal ini dapat menjadi keuntungan untuk Anda apabila mendapatkan harga rumah yang terangkau.

Kekurangan Dalam Membeli Rumah

  1. Renovasi

Ketika membeli rumah yang sudah jadi dan siap huni kemungkinan Anda ingin merenovasinya karena membutuhkan desain tertentu sesuai keinginan Anda.

Apabila rumah tersebut sudah lama tidak dihuni dan mulai rapuh Anda harus memperbaikinya terlebih dahulu untuk kenyamanan Anda keluarga ketika menghuni rumah tersebut.

Bahkan biaya renovasi juga tidak sedikit sesuai dengan berapa bagian rumah yang ingin Anda renovasi.

Desain rumah terbatas karena Anda mungkin akan kesusahan menempatkan kebutuhan dan idelisme dalam desain rumah yang sudah jadi.

2. Surat-surat Rumah Belum Lengkap

Hal ini menjadi note yang utama untuk Anda sebelum membeli rumah, karena akan repot apabila surat rumah atau ijinnya belum lengkap.

Anda harus mengecek secara detail dan pasti untuk ijin atau surat rumah yang sudah ada.

Saran untuk Anda

Kedua pilihan ini ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing, namun ada beberapa pertimbangan yang harus Anda persiapkan yakni besar dana yang telah Anda siapkan.

Apabila sudah relatir besar Anda bisa langsung membeli rumah dan menghuninya. Namun apabila terdapat waktu yang masih luang Anda dapat membeli tanah dahulu lalu membangun rumah.

Namun apabila Anda menginginkan desain rumah yang unik dan berbeda dari pemilik rumah lainnnya, saran yang lebih cocok Anda beli tanah atau kapling dahulu baru bangun rumah.

Apabil Anda berencana investasi Anda juga dapat membeli rumah untuk disewakan. Selain itu membeli kapling mulai dari sekarang juga merupakan langkah baik mengingat naiknya nilai properti setiap tahunnya.

Untuk informasi rumah syariah siap huni dan tanah kapling Anda dapat memilihnya melalui aplikasi properti syariah pertama di Indonesia yakni Saudagar Apps.

Saudagar Apps adalah aplikasi hunian dan investasi properti syariah yang menyediakan listingan properti diberbagai daerah dengan kemudahan sosial media. Anda cukup mendownloadnya di play store dan mengisi data diri, selanjutnya Anda dapat memilih lisitng rumah atau kapling di berbagai daerah yang pastinya dengan sistem yang halal, harga yang relatir terjangkau, dan amanah.

Indahnya Berbagi Manfaat:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top